Selasa, 25 Maret 2014

5 Tips Menjaga Hubungan Tetap Langgeng

Photo by idiva.com

Gemintang.com – Pernahkan kamu bertengkar atau berselisih paham dengan pasanganmu? Tentu saja, dalam hubungan antar manusia, baik dengan keluarga, pasangan, teman, atau orang asing sekalipun, pasti ada waktunya terjadi gesekan atau konflik. Hal ini tidak dapat dihindari, namun dapat dicegah atau diminimalisir. Pasalnya, hubungan yang baik dengan pasangan dapat meningkatkan kualitas hidup. Hubungan yang baik berpengaruh positif pada kesehatan, etos kerja, bahkan hubungan dengan orang lain.
Nah, berikut ini Gemintang telah mengumpulkan lima tips dalam menjaga hubungan tetap langgeng:

1. Kenalilah pasanganmu
Tentunya ketika kita memilih pasangan, kita akan mencari orang yang sepadan. Sepadan dalam artian dapat mengimbangi kekurangan dan kelebihan yang kita miliki. Mengerti kelebihan, kekurangan, kesukaan, dan ketidaksukaan pasangan kita dapat mengurangi terjadinya konflik. Karena dengan mengenal pasangan, kita dapat menghindari hal-hal yang akan menyakiti atau menyinggung pasangan kita.

2. Jaga komunikasi
Tidak peduli berapa lama hubungan sudah terjalin, komunikasi tetap menjadi hal yang penting. Komunikasi yang terjaga membantu kita mengetahui perubahan-perubahan yang dialami pasangan dan membuat kita semakin terlibat dalam kehidupannya. Komunikasi yang baik bisa dimulai dengan menanyakan keadaan, keluarga, sekolah atau pekerjaan. Jangan lupa untuk menyatakan pujian dan penghargaan secara verbal. Ucapan terima kasih, ungkapan sayang, dan pujian dapat membangkitkan semangat pasangan serta mengingatkan bahwa ia dihargai dan dikasihi.

3. Tetapkan prioritas
Dalam hubungan, seringkali terjadi masalah karena kesalahan dalam menentukan prioritas. Sangatlah penting untuk membuat pasangan mengerti sejauh apa hubungan itu penting bagi kedua belah pihak. Jangan membuat pasangan merasa dikesampingkan atau tidak dihiraukan.

4. Rela kompromi
Tidak ada pasangan yang sempurna. Pasti ada perbedaan pola pikir,sudut pandang, visi, pendapat, hobi, kebiasaan, kecenderungan, atau kesukaan dikedua pihak. Kerelaan untuk menerima perbedaan dan kerendahan hati untuk tidak selalu merasa sebagai pihak yang benar akan membuat hubungan bertahan lebih lama. Adakalanya kita harus mencoba menyukai apa yang pasangan suka. Kadang juga kita harus siap menerima kekurangan yang pasangan kita miliki. Seringkali kita harus rela melepaskan pendapat pribadi untuk menemukan jalan tengah yang dapat diterima oleh pasangan kita. Kita harus selalu siap untuk berkompromi.

5. Siap untuk menghadapi konflik
Tentu daja, sebesar apapun usaha kita untuk menghindari konflik, konflik pasti akan tetap terjadi. Namun, ketika kita siap untuk menghadapi konflik dengan ketulusan dan pengertian, konflik pasti akan terselesaikan. Bahkan, kita dapat belajar banyak dari konflik-konflik yang pernah kita alami supaya hal itu tidak terulang kembali.
Sebaik apa hubungan yang akan kita miliki akan sangat berpengaruh oleh sebesar apa usaha kita untuk mencapainya. Jalanilah hubungan sebagai satu perjalanan yang penuh petualangan, misteri, harapan, dan kebahagiaan.

0 komentar:

Posting Komentar