Sabtu, 29 Maret 2014

Menghentikan Sikap Posesif Pada Pasangan





Gemintang.com – Di dalam hati seseorang yang tengah merasa cemburu, terdapat satu perasaan yang timbul, yakni ketakutan. Takut akan kehilangan, takut akan ditinggalkan, dan takut akan kesendirian. Ketakutan ini pun ada seiring rasa ketidakpercayaannya bahwa selalu ada hal baik dibalik kuasa Tuhan. Maka bagi dia, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, dia akan cenderung rela melakukan apapun demi menjaga apa yang dimilikinya. Dalam hal perubahan sikap, seseorang dengan kepribadian ini akan berubah menjadi kalap bahkan kepada orang yang dicintai saat ia merasa disakiti.
Dan diantaranya tak jarang yang melakukan tindak kekerasan untuk meluapkan isi amarahnya. Inilah yang dikatakan posesif dalam ukuran sikap dan perilaku manusia. Sebagai kekasih, memiliki pasangan dengan karakter seperti itu tentu yang kamu inginkan adalah menghentikan sikap buruknya. Lalu upaya apa yang bisa kamu lakukan dalam hal ini?
  • Hindari membuatnya cemburu
Menguji kesetiaan pasangan boleh saja dilakukan, tapi sebaiknya tidak kepada kekasih yang memiliki sikap ini. Seorang yang posesif akan lebih melihat apa yang kamu lakukan sebagai satu penghianatan dibanding dengan arti yang sebenarnya. Walau mengukur kadar cinta pasangan akan membuatmu tahu seberapa dalam perasaannya, namun hal itu sebenarnya tak perlu dilakukan. Apakah ada alasan untuk mencintai seseorang? Jika tidak, maka tak ada juga alasan untuk kamu tidak percaya seberapa dalam rasa cintanya. Karena cinta bukan hanya sekedar rasa suka dan ketertarikan, tetapi juga kepercayaan.
  • Biarkan dia tahu
Bayangkan bila kekasihmu mungkin sempat bertanya dalam hati, “Doi kalau diajak nonton weekend ini, kira-kira dia mau nggak, ya?” Dan saat benar dia akan bertanya, kamu malah duluan berkata, “Weekend ini kayanya kita nggak bisa ketemu, deh.” Kekasihmu mungkin merasa ragu untuk bertanya apa alasannya, karena kamu cukup sering mengatakan kalau dia itu banyak bertanya. Sehingga, dia hanya berpraduga untuk menjawab ketidaktahuannya. Dan hal seperti inilah yang akhirnya membuat seseorang berlaku posesif. Sebagai kekasih, untuk menghentikan sikap tersebut sebaiknya biarkan dia tahu apa alasan kamu melakukan atau tidak melakukan itu. Ketidaktahuan pasangan jangan dibiarkan bila kamu tidak ingin dia berlaku posesif secara berlebihan.
  • Berikan waktu yang sesuai
Sikap posesif pada pasangan bisa juga timbul saat waktu yang kamu berikan tidak sesuai dengan apa yang dia harapkan. Pekerjaan yang cukup menyita waktu bisa membuat skala pertemuan kamu dan pasangan menjadi berkurang. Beruntung bila kekasih pengertian, bila tidak, tentu bersiaplah dengan sikap posesifnya yang menyebalkan. Untuk menghentikannya, cobalah pertegas mengenai pekerjaan yang harus kamu selesaikan dan alasan mengapa waktu untuk kalian berdua terabaikan. Dan setelah itu, aturlah kembali jadwal bersama kalian secara bijak.
  • Pertegas kembali manfaat hubungan
Kekasih yang baik adalah mereka yang bisa mengerti kamu. Bila kekasih masih saja kurang bisa mengerti dan justru berlaku posesif, masihkah berharap hubungan yang lebih baik? Sebaiknya tinggalkan sebelum hubungan hanya akan menyakiti satu sama lain. Pertanyakan kembali manfaat hubungan bila jalinan asmara dirasa tidak membuat kamu nyaman.

0 komentar:

Posting Komentar