Minggu, 08 Juni 2014

4 Manfaat Berkedip Bagi Kesehatan Mata

Mata Mata Foto: Spring.co.uk
Jakarta, Sayangi.com - Pernahkah terlintas dibenak Anda mengapa Tuhan menciptakan mata beserta aktivitas berkedipnya? Kebanyakan orang bahkan tak mengetahui fungsi dari aktivitas sederhana namun besar dari organ vital manusia yang satu ini.

Berdasarkan informasi yang dirangkum Sayangi.com dari berbagai sumber diketahui bahwa mata manusia dapat melakukan aktivitas berkedip sebanyak 15000 kali dalam sehari. Angka tersebut merupakan perkiraan jumlah untuk orang dewasa yang memiliki kesehatan mata normal.

Jumlah kedipan tersebut kemudian beragam pada setiap orang dan tergantung dengan kondisi. Faktor usia dan jumlah selaput lendir mata adalah faktor utama yang mempengaruhi jumlah kedipan mata seseorang.Orang tua akan lebih sering berkedip dibandingkan dengan bayi yang masih memiliki selaput lendir yang banyak. Faktor psikologis juga sebagai pemicu dari jumlah kedipan.

Berikut empat manfaat aktivitas berkedip pada mata:
1. Bagian kornea pada mata akan mudah mengalami iritasi apabila dibiarkan pada kondisi kering. Itu sebabnya, berkedip merupakan upaya yang dilakukan oleh mata untuk menjaga kelembaban yaitu dengan cara membasahkannya dengan air mata pada permukaan bola mata, terutama pada bagian kornea.

2. Kedipan mata merupakan  bentuk respon atas berbagai peristiwa yang terjadi dan salah satu bagian dari bahasa tubuh yang memiliki banyak arti. Pada orang-orang yang sedang berbohong atau sedang grogi, aktivitas berkedip akan meningkat tajam.

3. Berkedip merupakan bentuk refleks untuk mencegah masuknya berbagai bentuk benda asing ke dalam mata. Berbagai debu dan kotoran atau mungkin binatang kecil yang masuk ke mata akan dengan mudah terdeteksi dengan terjadinya kedipan mata. Keberadaan bulu mata juga akan membantu proses berkedip, orang yang memiliki bulu mata sedikit atau pendek cenderung akan lebih mudah terkontaminasi oleh kotoran atau debu. Bulu mata yang panjang biasanya akan lebih membantu melindungi mata.

4. Manfaat berkedip diketahui juga sebagai penambah nilai estetika wajah dan penampilan seseorang. Apa jadinya jika mata tidak berkedip? sosok tanpa ekspresi yang mengerikan bukan!

Demikian beberapa manfaat dari kedipan mata. Semoga dengan infromasi ini Anda menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi sumber-sumber vitamin yang mendukung kesehatan mata.(SIS)

0 komentar:

Posting Komentar