Hal Yang Paling Jelas
Sebelum kita membicarakan mengenai rahasia untuk membuat meeting sukses, kita akan membicarakan hal yang paling jelas terlebih dahulu. Beberapa hal yang paling jelas untuk membuat meeting Anda menjadi pertemuan yang benar-benar efektif dan memang sudah diketahui secara umum adalah berikut ini.
Jangan terlambat
Jika Anda terlambat dalam sebuah meeting maka tentunya lawan bicara
atau pihak lainnya akan berpikir bahwa Anda tidak mementingkan meeting
tersebut, dan itu juga dapat menandakan bahwa Anda bukanlah orang yang
dapat dipercaya. Jangan membuat keterlambatan Anda menjadi hal yang
merusak impresi awal Anda.
Apabila Anda memang telat karena sebuah alasan yang benar-benar
mendesak maka beritahukanlah terlebih dahulu pihak lainnya dan ingatlah
untuk meminta maaf atas keterlambatan Anda.
Ketahui siapa yang Anda temui
Zaman sekarang kita sangatlah beruntung dengan keberadaan LinkedIn,
Facebook, Twitter, blog dan website personal. Hal itu dapat membantu
kita mengetahui siapa orang yang akan kita temui. Dengan begitu Anda
dapat membuat pembicaraan dalam meeting Anda menjadi sedikit lebih
personal daripada hanya sekedar orang yang baru dikenal.
Mengetahui lawan bicara Anda akan memperbolehkan Anda akan mengontrol
percakapan dan mengetahui apa motivasi mereka sehingga mereka
membutuhkan Anda. Usahakanlah juga mengetahui perusahaan atau organisasi
tempat mereka bekerja, hobi mereka, dan hal personal lainnya. Dengan
begitu Anda dapat menawarkan lebih dan kemungkinan berhasil lebih
tinggi.
Penampilan
Sama halnya dengan datang tepat waktu, penampilan adalah impresi
pertama yang juga sangat menentukan keberhasilan meeting Anda. Dalam
berbagai kesempatan seperti pada 10 Tips Menjadi Freelancer Sukses, telah dibahas bagaimana penampilan menentukan profesionalisme Anda.
Buatlah catatan atau rekam percakapan Anda
Sebuah meeting pada umumnya dapat berjalan sekitar 1 jam atau bahkan
hingga 3 jam. Seiring waktu berlalu tentunya banyak sekali hal yang Anda
bicarakan dan tidak mungkin Anda dapat mengingat semua itu sampai 1-2
minggu ke depannya, atau mungkin besoknya saja Anda dapat lupa beberapa
hal yang dibicarakan di meeting. Oleh karena itu catatlah setiap poin
penting dalam percakapan Anda atau jika Anda merasa itu terlalu
merepotkan rekam pembicaraan Anda.
Hal Kecil Yang Dapat Mempengaruhi Efektivitas Meeting AndaJika Anda bosan membaca semua hal di atas, maka sekarang saatnya kita membicarakan hal-hal kecil yang ternyata dapat mempengaruhi efektivitas dan keberhasilan meeting Anda.
Bahasa Tubuh
Secara tidak sadar, Anda dan lawan bicara Anda akan memiliki bahasa
tubuh tersendiri yang memiliki artinya tersendiri juga. Ini dapat
menjadi referensi Anda dalam melihat bagaimana meeting Anda berjalan,
sebagai contoh dalam kontak mata saja Anda dapat mengartikan banyak hal.
Tahukah Anda jika seseorang menatap secara biasa maka itu berarti ia
peduli, namun jika seseorang menatap berlebihan itu dapat berarti ia
tidak peduli.
Tools
Pada zaman ini banyak sekali aplikasi dan tools-tools yang dapat
membantu Anda menciptakan meeting yang efektif. Apalagi jika Anda adalah
orang yang sangat sibuk dengan meeting yang padat setiap harinya. Salah
satunya adalah Evernote yang dapat membuat Anda menemukan topik dengan
cepat daripada mencarinya satu-satu. Tools lain yang mungkin ingin Anda
cara adalah terkait scheduling jadwal Anda yang padat.
Hindari terlalu emosional, namun tetap bersemangat dan objektif
Anda tidak ingin lawan bicara Anda takut berargumen dengan Anda karena
mereka takut itu akan menyakiti perasaan Anda. Argumen adalah salah satu
hal terbaik untuk membangun diri Anda sendiri karena hal ini dapat
muncul dalam berbagai bentuk seperti revisi kesalahan, kritik, dan
nasihat. Jika Anda terlalu emosional, lawan bicara Anda akan menganggap
Anda adalah orang yang tidak bisa menerima argumen.
Hal Rahasia yang Tidak Diketahui Banyak OrangAnda masih menganggap semua penjelasan di atas adalah hal yang sudah sangat jelas? Kalau begitu mungkin beberapa tips dan trik yang tidak diketahui banyak orang ini akan membantu Anda membuat meeting Anda lebih menjadi pertemuan yang efektif.
Siapkan catatan topik pembicaraan (agenda)
Hal ini sangatlah penting dan benar-benar harus dilakukan. Dengan
memiliki catatan berisikan topik pembicaraan yang ingin Anda bahas di
meeting terkait, maka Anda akan dapat lebih mengontrol hasil dari
meeting tersebut. Hal ini sangatlah sederhana cukup bayangkan apa yang
ingin Anda bicarakan dalam meeting tersebut dan tulislah topik-topik
tersebut sebagai pemandu Anda saat meeting sebenarnya.
Bersikap sopan, ketahuilah kapan untuk berbohong dan kapan tidak
Dalam Tips dan Trik Melakukan Negosiasi,
telah dikatakan bahwa dunia bisnis bukanlah dunia yang dipenuhi dengan
kejujuran, terkadang Anda harus berbohong untuk mendapatkan hasil yang
maksimal. Dalam meeting-pun ini memiliki konsep yang sama, dengan
melakukan sedikit kebohongan bahwa Anda berada dalam sisi yang sama
dengan lawan bicara Anda maka itu akan membuat lawan bicara Anda lebih
santai.
Di sini saya tidak menyarankan Anda untuk terus berbohong dan tentunya
kejujuran lebih baik daripada berbohong, namun terkadang tidak efektif.
Kuantitas dan Kualitas
Pernahkah Anda mendengar seseorang melakukan meeting selama berjam-jam
dan secara terus menerus? Ya, hal itu sangatlah sering terjadi.
Ketahuilah bahwa menurut survey, meeting adalah salah satu hal yang
paling menghabiskan waktu kerja. Ini dapat terjadi karena kualitas
meeting yang buruk. Kembali lagi ke Agenda atau catatan pada poin
pertama, dengan memiliki agenda maka Anda akan memiliki meeting yang
lebih berkualitas dan tidak menghabiskan banyak waktu.
Kapan membeli dan kapan tidak membeli
Yang dimaksud membeli dan tidak membeli di sini adalah membelikan
minuman atau makanan untuk lawan bicara Anda jika Anda bertemu di kafe
atau tempat sejenis. Anda dapat membeli kopi, teh, minuman, atau bahkan
makanan.
Hal ini sangatlah terbukti efektif yang mengarah ke keberhasilan, namun
ketahui juga kapan untuk tidak membelinya dan ini sangatlah terserah
kepada Anda. Hal ini sangatlah subjektif dan Anda akan mengetahuinya
seiring pengalaman Anda bertambah seperti contohnya jika lawan bicara
Anda adalah investor.
--Beberapa orang menganggap meeting adalah hal yang sangat mudah, itu mungkin tidak salah namun untuk membuat meeting yang efektif dan berhasil adalah tantangan tersendiri.
0 komentar:
Posting Komentar