Jumat, 13 Juni 2014

Alasan Mengapa Sketsa itu Penting

"Tapi, Saya tidak bisa menggambar." Itu merupakan salah satu hal yang terlintas di benak banyak orang begitu ia disuruh melakukan sebuah sketsa. Sebenarnya, Anda tidak perlu takut untuk melakukan sketsa, karena sketsa itu penting dan berbeda dari menggambar, Anda tidak perlu ahli dalam hal ini.
MENGAPA SKETSA ITU PENTING
Yang perlu Anda ketahui adalah sketsa merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam pekerjaan Anda, khususnya jika Anda berelasi dengan klien atau dalam lingkungan kerja yang membutuhkan Anda untuk membuat sesuatu. Berikut adalah beberapa alasan mengapa sketsa itu penting.
LAYOUT ATAU TATA LETAK DASAR
sketsa tata letak dasar
Anda memerlukan sketsa untuk menciptakan tata letak atau layout dasar untuk produk atau hal yang Anda buat. Selain itu, sketsa juga mempersingkat waktu Anda dalam menciptakan sesuatu.
Hal ini disebabkan begitu Anda memiliki sketsa yang menentukan tata letak dasar, maka Anda dapat dengan cepat mengembangkan layout dasar tersebut ke sebuah bentuk yang lebih dikembangkan dan melihat apakah layout dasar tersebut memang cocok dengan produk atau hal yang ingin Anda buat. Seperti pada saat mendesain brosur, kartu nama, desain web, layout web. Bahkan jika Anda berurusan dengan menciptakan sesuatu, maka sketsa dibutuhkan.
KOMUNIKASI DENGAN KLIEN DAN TIM
komunikasi dengan sketsa
Sketsa merupakan cara paling cepat, mudah, efisien dan tidak mahal untuk mengkomunikasikan ide Anda dengan klien. Pada dasarnya pada saat Anda berelasi dengan klien, ada 2 hal dasar yang akan mereka inginkan. Yang pertama adalah mereka menginginkan adanya berbagai pilihan atau opsi terkait atas hal yang Anda buat, dan yang kedua adalah mereka akan melakukan perubahan terus menerus sampai hal tersebut sesuai denganyang mereka inginkan. Kedua hal ini dapat dicapai dengan sketsa.
Terlepas dari hal ini dan melihat karakteristik dari klien sendiri, sketsa dapat membantu komunikasi ide, apapun karakteristik klien Anda baik itu visual maupun audio. Tidak untuk klien saja, jika Anda bekerja dalam tim maka sketsa juga dapat menjadi sarana komunikasi Anda.
PENGEMBANGAN KONSEP
sketsa pengembangan konsep
"Ah, untuk apa saya melakukan sketsa kalau saya bisa langsung mengaplikasikannya ke komputer." Memang hal itu dapat dilakukan, tetapi apakah begitu Anda mengaplikasikannya ke komputer, itu benar-benar sudah fix dan tidak akan diubah lagi? Di sinilah sketsa berperan.
Begitu Anda mulai mengembangkan sesuatu, berbagai konsep akan bermunculan di pikiran Anda, jika Anda melakukan sketsa terlebih dahulu maka Anda akan dapat menemukan konsep mana yang paling cocok dengan apa yang Anda buat. Terlebih, dengan adanya sketsa awal maka dari sanalah konsep-konsep dapat dikembangkan.
Selain dari 3 hal ini, masih banyak alasan mengapa sketsa itu merupakan hal yang penting dalam pekerjaan Anda. Tetapi yang akan kita bahas di sini bukanlah pentingnya sketsa tetapi mengapa Anda tidak perlu takut untuk melakukan sketsa walaupun Anda tidak bisa menggambar.
MENGAPA ANDA TIDAK PERLU TAKUT MELAKUKAN SKETSA
Sepert yang telah dikatakan sebelumnya, banyak orang begitu diminta melakukan sketsa maka ia akan mengatakan "Saya tidak bisa menggambar." Sebenarnya, Anda tidak perlu takut untuk melakukan sketsa karena sketsa itu berbeda dari menggambar, Anda tidak perlu menjadi ahli untuk melakukan sketsa. Berikut beberapa alasan mengapa Anda tidak perlu takut dalam melakukan sketsa.
SKETSA ITU BUKAN MENGGAMBAR
Kapan terakhir kali Anda menggambar? Apakah sudah cukup lama? Apakah Anda bisa menggambar dengan baik? Itu semua sebenarnya tidak penting. Karena tujuan dari sketsa dan menggambar itu saja sudah berbeda.
sketsa itu bukan menggambar
Menggambar memiliki tujuan untuk secara artistik menghasilkan sebuah bentuk seni yang dimana adalah gambar dengan detail yang mendalam dimana merepresentasikan apa yang ia wakili dengan baik. Semakin jelas detailnya maka semakin baik gambar tersebut. Sedangkan sketsa adalah sebuah cara untuk mengkomunikasikan ide dalam bentuk yang dapat dilihat.
Dalam sketsa, Anda tidak perlu mneggambar bentuk nyata yang jelas seperti rumah, pedang dan sebagainya dengan jelas. Mereka dapat diwakilkan dengan bentuk-bentuk yang dapat Anda gambar seperti kotak, segitiga, lingkarang, bahkan garis. Ingatlah, sebuah gambar setara dengan seribu kata.
5 orang berada di dalam 1 ruangan. Seseorang mencoba untuk menjelaskan ide-idenya dengan kata-kata saja. Lalu ia mencoba mendapatkan masukan untuk idenya. Karena kurangnya masukan orang tersebut berdiri dan menjelaskan kembali ide tersebut menggunakan gambar di papan tulis, tidak lama kemudian salah satu orang di dalam ruangan itu berkata "oh!" menandakan bahwa ia baru mengerti apa yang dibicarakan.
sketsa itu kolaboratif
Dari ilustrasi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa gambar dalam hal ini sketsa merupakan cara yang baik untuk berkomunikasi. Untuk menjelaskan ke 1 orang hanya dengan kata-kata saja sudah sulit, apalagi jika banyak orang, inilah salah satu alasan mengapa sketsa penting.
Sedangkan kaitannya dengan mengapa Anda tidak perlu merasa takut melakukan sketsa adalah karena sketsa itu kolaboratif. Begitu orang-orang tersebut mengerti apa yang Anda bicarakan, maka walaupun sketsa yang Anda buat hanya berupa garis-garis atau simbol-simbol,  orang lain akan dapat memberikan masukan dengan merujuk ke garis atau simbol yang Anda buat tersebut.
SKETSA ITU CEPAT
sketsa itu cepat
Beberapa orang tidak suka melakukan sketsa karena mereka berpikir sketsa hanya menghabiskan waktu, lebih baik mereka langsung mengaplikasikannya. Pemikiran seperti ini-lah yang salah. Jika mereka mengaplikasikan ide mereka tanpa adanya sketsa dasar, maka hal itu akan lebih menghabiskan waktu daripada jika mereka melakukan sketsa terlebih dahulu.
Karena sketsa itu dapat dilakukan dengan sangat cepat, maka Anda tidak perlu mempedulikan pixel-pixel di komputer, Anda hanya fokus dengan ide Anda saja. Karena sketsa itu adalah ide yang benar-benar mentah, kasar tetapi cepat, maka tentu orang-orang akan mengerti akan hal itu. Selain itu, sketsa tersebut akan membantu Anda dalam pengaplikasian dengan lebih cepat. Yang dimaksud pengaplikasian di sini dapat berupa pewarnaan, penggambar, desain penuh, implementasi ke komputer dan sejenisnya.
SEMAKIN ANDA SERING MELAKUKAN SKETSA, ANDA DAPAT MENJADI LEBIH BAIK
sketsa kertas dan pensil
Sama sepert keahlian lainnya, semakin Anda sering melakukan sketsa, Anda akan menjadi lebih baik di hal itu. Tetapi jika Anda tidak pernah melakukan sketsa baik itu dengan pen atau pensil, maka Anda tidak akan berkembang.
Bagaimana? Apakah Anda tetap berpikir "Tapi, saya tidak bisa menggambar" begitu Anda diminta melakukan sketsa? Kertas, pensil dan pen tidak akan menggigit, jadi Anda tidak perlu takut akan hal itu.

0 komentar:

Posting Komentar