Kamis, 06 Februari 2014

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Berbincang dengan Pasangan




Gemintang.com – Sedang terlibat konflik dengan si dia? Ingin menyelesaikan semua masalah itu namun terkendala waktu? Kamu berbicara, dia tertidur. Kamu berada dirumah, dia sedang tugas keluar kota. Atau, kamu punya waktu luang, dia sibuk dengan teman-temannya. Jangan bingung dan panas hati dulu, kamu hanya salah strategi. Ada tiga hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan sebelum kamu mengobrol dengan pasangan mengenai apa yang ingin kalian selesaikan berdua. Ketiga hal ini bisa disebut dengan 3R. Right time, Right place, Right talk.

  • Right time
Untuk memulai pembicaraan, pertimbangkan waktu yang baik. Biasanya pria lebih sensitif jika diusik di waktu yang salah. Sebaiknya hindari berbicara padanya saat kondisinya lelah atau waktu dia merasa tertekan. Untuk mengetahuinya, mudah saja. Kamu bisa mengetahui itu melalui percakapan. Tapi jika pasangan kamu merupakan pribadi yang tak banyak bicara alias pendiam, kamu bisa melihat melalui bahasa tubuhnya. Yang terpenting, perhatikan juga kondisi emosi kamu. Jangan sampai emosi kamu ikut tersulut begitu dia menanggapi pembicaraan dengan nada tinggi.
Jika kamu dan pasangan sama-sama sibuk, sebaiknya tentukan hari khusus untuk kalian berbincang berdua. Yakinkan pada pasangan kamu bahwa masalah yang sedang dihadapi tidak kalah penting dengan urusan kantor.
  • Right place
Bila suasana rumah kurang mendukung untuk kalian berbincang bersama, tak ada salahnya untuk pergi keluar rumah atau menyambangi restauran yang biasa kalian datangi di akhir pekan. Keberhasilan komunikasi salah satunya ditentukan dari tempat yang tepat. Jika hati kita merasa nyaman serta suasana dan tempat yang tepat mendukung, maka masalah apapun dapat dibicarakan dengan tenang.
  • Right talk
Perkataan itu seperti pedang bermata dua dan lebih tajam dari sebuah pisau. Nah, hal tersebut juga berkaitan erat dengan poin ini. Hati-hatilah dalam menggunakan kata-kata ketika kalian berbincang bersama. Alih-alih ingin memperbaiki hubungan, yang ada malah makin runyam. Bijaklah memilih kalimat dan sampaikan dengan cara yang halus dan tidak dengan nada yang tinggi. Jangan mengucapkan perkataan seakan-akan kamu menghakimi si dia seperti, “Kamu tidak pernah…” atau “Kamu selalu…” karena hal tersebut mampu membuat dia merasa terpojok dan seakan kamu menuduhnya. Perhatikan juga kata tepat yang kamu gunakan. Karena dia akan mengartikannya secara harafiah apa yang kamu ucapkan. Ada baiknya selipkan kata-kata pujian disela-sela obrolan kalian. Pria mungkin terlihat gagah dari luarnya, terlihat tangguh dan pemberani, tapi sesungguhnya dari dalam hatinya ia membutuhkan pujian dari orang yang mencintainya.

0 komentar:

Posting Komentar