Kamis, 06 Februari 2014

Tips Menghibur Teman yang Patah Hati

Foto by mirror.co.uk
Gemintang.com – Melihat teman atau sahabat kita putus cinta membuat kita ikut sedih melihatnya. Kita pun berpikir langkah yang seharusnya diambil guna membantunya mengurangi luka yang dirasakannya. Lalu cara seperti apa yang bisa membantu atau sekedar menghibur hatinya? Berikut beberapa diantaranya:
  • Pendengar yang baik
Langkah pertama yang bisa kamu pilih ketika mendapati teman atau sahabat kita sedang patah hati adalah dengan menjadi seorang pendengar yang baik. Terkadang yang diperlukan oleh orang dalam keadaan seperti itu adalah seseorang yang bisa mendengarkan keluh kesah mereka tanpa memberi pendapat yang bersifat menghakimi dan justru bisa membuatnya semakin jatuh. Buatlah dia merasa nyaman karena sudah mengeluarkan keluh kesahnya tanpa menghakimi atau memojokkannya.
  • Tawarkan bantuan
Pernah dengar talk less do more atau sedikit bicara banyak bertindak? Hal ini juga patut diperhitungkan dalam menghibur teman kita yang sedang putus cinta. Kamu bisa mencoba untuk menawarkan bantuan tapi jangan bersifat memaksa. Lakukan dengan perlahan sehingga dia merasa nyaman dan siap untuk terbuka. Jangan memberi pendapat jika dia tidak memintanya.
  • Berikan waktu untuk kalian
Mengetahui kalau ternyata ada orang yang akan selalu ada untuk kita baik suka maupun duka adalah suatu hal yang bisa membuat kita merasa bahwa kita tidaklah sendiri. Hal ini jugalah yang diperlukan oleh sahabat kita yang mengalami luka karena kisah cintanya yang harus berakhir. Berikan waktu untuk kalian melakukan kegiatan yang bisa mengurangi lukanya. Contohnya belajar bersama atau menonton film-film lucu bersama. Lakukan sesering mungkin agar dia merasa tidak makin terpuruk dengan lukanya dan agar dia juga merasa terbantu dalam melupakan rasa sakit hatinya. Apalagi kalau dia tahu kamu meluangkan waktu itu demi dia.
  • Tidak menjelekkan mantannya
Siapa yang tidak emosi mendengar sahabat kita diputuskan apalagi dengan alasan yang mungkin tidak masuk akal? Cacian atau makian bisa jadi terlontar untuk mantan sahabat kita tersebut. Tapi hal itu justru tidak mampu menghibur hatinya yang sedang terluka. Cobalah untuk menahan emosi, lebih baik dorong sahabat kita untuk bangkit dari masalah yang membelitnya dengan terus memberinya semangat dan kata-kata penguatan.
Jadi, siapapun sahabat kamu yang tengah terluka hatinya, yuk bantu atasi dengan cara tersebut di atas. Semoga berhasil!

0 komentar:

Posting Komentar