Selasa, 31 Desember 2013

Pentingnya Menjaga Rahasia




Gemintang.com – Jangan sampai kamu dipanggil si comel karena selalu mengumbar rahasia temanmu sendiri. Rahasia merupakan suatu hal yang bersifat tertutup dan hanya pihak-pihak tertentu yang mengetahuinya. Sesuatu yang bersifat rahasia, berarti tidak diinginkan untuk dipublikasikan.
Memang tidak salah, jika kamu menceritakan rahasiamu kepada teman atau orang terdekatmu. Tapi tidak semuanya. Karena, tidak menutup kemungkinan mereka akan memberitahukannya kepada orang lain meskipun mungkin tujuan mereka baik.

Dan ketika seseorang mengatakan sebuah rahasia kepadamu, itu artinya ia percaya padamu untuk menjaga kerahasiaannya. Orang yang tidak bisa menjaga rahasia dan bersikap acuh ketika rahasia itu tersebar, maka ia merupakan orang tercela yang kurang kesabarannya. Ingat, kamu hanyalah pendengar pada saat itu. Dia memintamu untuk menjaga apo yang ia katakan. Dia tidak memintamu untuk menyebarkannya.

Memegang kepercayaan tidaklah mudah. Ini adalah salah satu upaya untuk melatih diri agar kamu tidak lalai. Tidak dipungkiri, bahwa manusia terkadang silap. Namun, kesilapan yang berkelanjutan inilah yang akhirnya menjadi bom waktu bagi kehancuran diri kamu sendiri, terlebih kepada si pemberi kepercayaan itu.

Namun saat ini, keterbukaan merupakan suatu hal yang sangat biasa. Facebook, Twitter, atau media sosial lainnya, apa kamu pernah mengungkapkan kesukaanmu, baik terhadap benda ataupun perasaan cinta kepada seseorang disini ? Mengeluh, marah-marah, sampai hal-hal yang sebenarnya tidak penting pun kamu tulis. Nah, media sosial dikatakan baik ketika kamu mempergunakannya sebagai media untuk menambah pertemanan, atau mencari referensi tertentu yang sifatnya baik bagi kamu. Namun, ia dikatakan buruk ketika apa yang kamu tulis didalamnya adalah hal-hal yang sifatnya mencemarkan nama baik orang lain, dan terlalu mengumbar kehidupan pribadi kamu.

Suatu hal yang bersifat rahasia, baiknya kamu simpan sendiri saja, jika hal itu dapat memancing perdebatan atau peselisihan. Kamu lebih baik menjadi pihak yang seolah-olah tidak tahu,  daripada harus menjadi pihak yang tersalahkan nantinya.

Jangan sampai hubungan pertemanan antara kamu dan dia hancur karena kamu tidak bisa menjaga kerahasiaan itu. Dan jangan sampai kamu kehilangan pekerjaanmu hanya karena kamu lalai dalam menjaga rahasia perusahaan tempatmu bekerja.

Tidak hanya itu, ini pun berlaku bagi mereka yang pernah menjalin hubungan dengan seseorang. Wajib bagi kamu untuk menjaga kerahasiaan yang ada saat kamu menjalin hubungan dengannya. Bukan karena dia mantanmu, lantas kamu  mengumbar keburukannya.

0 komentar:

Posting Komentar