Kamis, 17 April 2014

Alasan Mengapa Anda Harus Selalu Memesan Pizza Yang Lebih Besar

Salah satu alasan mengapa seseorang memilih Pizza yang lebih kecil dan bukan pizza terbesar adalah karena harganya yang lebih murah. Namun ternyata seorang engineer atau insinyur menjelaskan mengapa memesan Pizza berukuran terbesar adalah yang terbaik, hal itu dibuktikan melalui matematika.
Artikel ini menjelaskan mengapa pada akhirnya Pizza ukuran terbesar adalah yang paling murah dibandingkan Pizza berukuran lainnya. Namun jangan lupakan mengenai self control dan berapa jumlah slice atau loyang Pizza yang pada akhirnya dapat Anda habiskan. Namun jika alasannya adalah harga termurah, simak alasannya berikut ini.

Kisah Di Balik Alasan Mengapa Anda Harus Memesan Pizza Terbesar

Mengapa Anda harus selalu memesan pizza berukuran terbesar
Alasan ini didapatkan dari Blog National Public Radio (NPR) asal Amerika, yakni Planet Money. Quoctrung Bui, producer multimedia di NPR menjelaskan bahwa suatu ketika ia dan seorang engineer (insinyur) pergi ke restoran Pizza untuk makan siang. Si insinyur berkata bahwa ia tidaklah lapar, namun ia ingin membeli Pizza berukuran 12-inci daripada ukuran kecil 8-inci.
Ia mengatakan bahwa itu karena ukuran Pizza 12-inci 2 kali lebih besar daripada yang berukuran kecil, ia juga menambahkan itu hanya sedikit lebih mahal. Bui terkejut mendengar hal itu dan baru menyadari bahwa memang perhitungan ukuran pizza sangatlah sederhana dan itu memang benar.

Perhitungan Di Balik Alasan Mengapa Pizza Terbesar Adalah Deal Terbaik

Grafik interaktif perbandingan mengapa pizza yang lebih besar jauh lebih baik
Apa yang disadari Bui adalah perhitungan ukuran Pizza ternyata memang sangatlah sederhana, yakni karena Pizza berbentuk lingakaran maka luas lingkaran akan meningkat dengan perhitungan radius kuadrat (r2). Jadi sebagai contoh, sebuah Pizza berukuran 16-inci sebenarnya 4 kali lebih besar daripada pizza 8-inci, bukan 2 kali lebih besar.
Menyadari hal itu, Planet Money memberikan sebuah grafik interaktif yang membandingkan ukuran dan harga Pizza, serta seberapa untung Anda jika Anda memesan Pizza yang lebih besar. Harga itu didasarkan ke restoran-restoran Pizza di US. Anda dapat menarik slider di bawah grafik untuk melihat sebenarnya seberapa besar sebuah ukuran pizza dibandingkan yang lebih kecil ditambah dengan informasi harga rata-rata.
Perbandingan pizza berukuran 16 inci, 14 inci, dan 8 inci
Di grafik tersebut dapat diambil contoh, 1 buah pizza 18-inci mempunyai luas lebih besar 1,7 kali daripada pizza 14-inci dan 5,1 kali lebih besar daripada pizza 8-inci. Sedangkan harga pizza 18-inci itu adalah $18,68, dan jika Anda membeli pizza 14-inci itu berarti Anda membayar lebih sebesar $5,29 dengan total $23,97, sedangkan jika Anda membeli pizza 8-inci maka itu berarti Anda membayar lebih sebesar $23,09 dengan total $41,77.
Jika matematika bukan bidang Anda, maka percayalah untuk sebuah pizza berukuran 18 inci Anda bisa mendapatkan 5 loyang pizza dan 1 slice pizza berukuran 8 inci, bukan hanya 2,25 kali.
--
Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, ini hanyalah perhitungan dasar atas harga dan besar pizza. Tentunya tidaklah rasional jika Anda terus membeli pizza yang berukuran besar jika Anda tidak bisa menghabiskannya.

0 komentar:

Posting Komentar