Jumat, 11 April 2014

Sigap Menghadapi Persaingan Bisnis

Foto by ailmadrid.com

Gemintang.com – Tantangan dalam memulai suatu bisnis adalah suatu hal yang lazim. Anda harus memulai segalanya dari Nol. Membangun  konsep dan strategi yang menurut anda paling baik dalam bisnis anda, bukanlah suatu hal yang mudah. Bahkan, dengan begitu banyaknya persaingan dalam bisnis yang anda jalani, anda harus pintar-pintar mempertahankan bisnis anda tersebut.

Kesigapan dalam menghadapi segala bentuk persaingan yang mungkin akan anda lalui dalam bisnis anda, bisa anda pelajari disini.
  1. Kembangkanlah konsep yang telah anda buat sebelumnya. Usahakan dalam konsep baru ini, anda bisa menciptakan produk yang berbeda dan juga lebih unik sehingga mendapatkan perhatian lebih dari para konsumen, namun tidak meninggalkan konsep utama dari bisnis anda. Contoh, anda membuka usaha fashion, dalam setiap fashion memiliki kriteria unik tersendiri, namun anda bisa memanfaatkan segala accessories yang ada untuk lebih mempercantik design dari fashion anda. Sehingga konsep fashion yang anda miliki, memiliki keunikan tersendiri dari setiap modelnya
  2. Amati pasar dan kenali pesaing anda. Jangan menganggap pesaing akan membuat bisnis anda menjadi lemah. Anda harus pintar-pintar melihat keadaan pasar saat ini, konsumen adalah pasar anda. Dekatilah pasar anda dan dekatilah pesaing anda. Dan jangan sekali-kali menjiplak strategi dari pesaing anda, namun anda harus lebih pintar darinya dengan memanfaatkan hal tersebut. Kembangkanlah konsep dan strategi dari pesaing anda.
  3. Tonjolkan keunggulan produk anda. Produk yang anda keluarkan, haruslah memiliki sesuatu yang bisa ditonjolkan. Baik dari segi pemasaran, kualitas, maupun pelayanannya.
  4. Marketing secara merata. Ditengah kesuksesan dari bisnis yang anda geluti saat ini, marketing tetaplah penting guna pengenalan produk anda kepada konsumen secara lebih luas dan merata. Jangan pernah ragu untuk mengembangkan bisnis anda hingga keluar kota bahkan keluar negri. Dan itu harus anda lakukan secara bertahap.
  5. Konsumen tetap akan memilih kualitas yang bagus meski harganya sedikit mahal. Jadi anda, jangan sekali-kali mempertaruhkan kualitas demi menurunkan harga jual. Anda bisa membuat strategi penjualan dengan cara lain. Contoh, untuk produk tertentu, konsumen bisa mendapatkan hadiah menarik atau discount yang wajar bagi anda.
  6. Buatlah event atau acara. Tidak ada salahnya, kalau sesekali anda mengadakan event yang sekiranya akan ramai dikunjungi. Anda dapat menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk menangani acara tersebut. Hal itu selain menjadi metode pemasaran, juga menambah relasi dalam bisnis anda. Anda dapat mengenal pebisnis lainnya yang memiliki usaha berbeda dari yang anda jalani. Anda bisa saling berbagi pengalaman perihal bisnis dan usaha anda.

0 komentar:

Posting Komentar