Selasa, 15 April 2014

Jadikan Waktu Lebih Efisien

Foto by userpages.umbc.edu

Gemintang.com – Berapa banyak waktu yang terbuang hanya karena Anda malas melakukan satu atau mungkin banyak hal? Berapa banyak pula detik yang terbuang hanya karena Anda seringkali menunda-nunda hal yang akhirnya semakin menumpuk dari hari ke hari? Tak perlu menunggu sesi kapan Anda memiliki motivasi. Semakin Anda menunggu, semakin pula waktu yang Anda miliki terbuang percuma, karena apapun hal yang Anda harapkan kedatangannya tidak akan pernah ada bila Anda sendiri tak memulai untuk mendapatkannya. Prestasi yang akan Anda miliki sangatlah bergantung dari seberapa besar motivasi, dan seberapa baik Anda mengefisiensikan waktu dalam sehari.
  • Hindari multi task
Ini adalah satu dari tips agar Anda bisa mengefisiensikan waktu lebih baik lagi. Multi tasking atau melakukan beberapa hal sekaligus bisa membuat Anda kelelahan, kecuali jika Anda memang seorang yang ahli dalam hal itu. Untuk bagaimana mengefisiensikan waktu sebaik mungkin, mulailah dengan menyusun jadwal pekerjaan yang harus Anda lakukan. Seringkali saat kita menghadapi work list, kita bingung mana dulu yang harus dikerjakan, dan akhirnya memutuskan untuk melakukannya secara bersamaan. Inilah yang sebaiknya jangan dilakukan.
  • Mulailah hari lebih awal
Bagaimana bisa Anda menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya sedang Anda sendiri seringkali datang terlambat di pagi hari? Keuntungan dengan datang lebih awal sebenarnya cukup banyak, dan diantaranya akan membantu Anda mengefisiensikan waktu yang Anda miliki. Orang-orang yang datang lebih awal ke tempat kerja umumnya adalah orang-orang yang aktif, dan Anda akan lihat bagaimana pekerjaan Anda bisa selesai tepat waktu, bahkan lebih cepat.
  • Hindari bekerja sampai larut
Orang-orang yang bekerja sampai larut nyatanya tak jarang pulang ke rumah dengan masih harus membawa setumpuk pekerjaan untuk diselesaikan. Apa yang salah dengan pengaturan waktu Anda sampai akhirnya demikian? Bagaimanapun menumpuknya pekerjaan, kesehatan dan diri Anda adalah juga yang utama. Agar lebih efisien, prioritaskan beberapa pekerjaan dan jangan sesekali menabrak jadwal istirahat Anda. Pekerjaan yang belum sempat diselesaikan, anda bisa mensettle-nya dengan meminta bantuan rekan kerja, ataupun menyelesaikannya esok hari.
  • Hindari menunda-nunda
Menunda dan tertunda, adalah satu pemahaman yang berbeda. Bila ‘tertunda’, artinya Anda sudah berusaha menyelesaikannya. Namun ‘menunda’ artinya Anda sengaja untuk mengerjakan nanti pekerjaan Anda. Peribahasa “Hari pagi dikejar-kejar, hari petang dibuang,” artinya ketika masih banyak waktu, sebuah pekerjaan dilakukan dengan santai. Akan tetapi, ketika waktunya tinggal sedikit lagi, barulah kita terburu-buru menyelesaikannya. Anda tidak inginkan hal seperti ini, bukan? Jadi, ingatlah selalu bahwa waktu adalah uang. Semakin Anda menyia-nyiakan waktu, semakin pula Anda menyiakan uang yang Anda miliki.

0 komentar:

Posting Komentar