Gemintang.com – Berapa banyak waktu yang terbuang hanya karena Anda malas melakukan satu atau mungkin banyak hal? Berapa banyak pula detik yang terbuang hanya karena Anda seringkali menunda-nunda hal yang akhirnya semakin menumpuk dari hari ke hari? Tak perlu menunggu sesi kapan Anda memiliki motivasi. Semakin Anda menunggu, semakin pula waktu yang Anda miliki terbuang percuma, karena apapun hal yang Anda harapkan kedatangannya tidak akan pernah ada bila Anda sendiri tak memulai untuk mendapatkannya. Prestasi yang akan Anda miliki sangatlah bergantung dari seberapa besar motivasi, dan seberapa baik Anda mengefisiensikan waktu dalam sehari.
- Hindari multi task
Ini adalah satu dari tips agar Anda bisa
mengefisiensikan waktu lebih baik lagi. Multi tasking atau melakukan
beberapa hal sekaligus bisa membuat Anda kelelahan, kecuali jika Anda
memang seorang yang ahli dalam hal itu. Untuk bagaimana mengefisiensikan
waktu sebaik mungkin, mulailah dengan menyusun jadwal pekerjaan yang
harus Anda lakukan. Seringkali saat kita menghadapi work list,
kita bingung mana dulu yang harus dikerjakan, dan akhirnya memutuskan
untuk melakukannya secara bersamaan. Inilah yang sebaiknya jangan
dilakukan.
- Mulailah hari lebih awal
Bagaimana bisa Anda menyelesaikan
pekerjaan tepat pada waktunya sedang Anda sendiri seringkali datang
terlambat di pagi hari? Keuntungan dengan datang lebih awal sebenarnya
cukup banyak, dan diantaranya akan membantu Anda mengefisiensikan waktu
yang Anda miliki. Orang-orang yang datang lebih awal ke tempat kerja
umumnya adalah orang-orang yang aktif, dan Anda akan lihat bagaimana
pekerjaan Anda bisa selesai tepat waktu, bahkan lebih cepat.
- Hindari bekerja sampai larut
Orang-orang yang bekerja sampai larut
nyatanya tak jarang pulang ke rumah dengan masih harus membawa setumpuk
pekerjaan untuk diselesaikan. Apa yang salah dengan pengaturan waktu
Anda sampai akhirnya demikian? Bagaimanapun menumpuknya pekerjaan,
kesehatan dan diri Anda adalah juga yang utama. Agar lebih efisien,
prioritaskan beberapa pekerjaan dan jangan sesekali menabrak jadwal
istirahat Anda. Pekerjaan yang belum sempat diselesaikan, anda bisa mensettle-nya dengan meminta bantuan rekan kerja, ataupun menyelesaikannya esok hari.
- Hindari menunda-nunda
Menunda dan tertunda, adalah satu
pemahaman yang berbeda. Bila ‘tertunda’, artinya Anda sudah berusaha
menyelesaikannya. Namun ‘menunda’ artinya Anda sengaja untuk mengerjakan
nanti pekerjaan Anda. Peribahasa “Hari pagi dikejar-kejar, hari petang
dibuang,” artinya ketika masih banyak waktu, sebuah pekerjaan dilakukan
dengan santai. Akan tetapi, ketika waktunya tinggal sedikit lagi,
barulah kita terburu-buru menyelesaikannya. Anda tidak inginkan hal
seperti ini, bukan? Jadi, ingatlah selalu bahwa waktu adalah uang. Semakin Anda menyia-nyiakan waktu, semakin pula Anda menyiakan uang yang Anda miliki.
0 komentar:
Posting Komentar