Jumat, 11 April 2014

Cara Bijak Mengelola Penghasilan

Foto by internetandbusinessesonline-gullfraz.blogspot.com

Gemintang.com – Siapa yang tidak senang ketika menerima gaji dari hasil keringat sendiri. Tapi hati-hati dengan kesenangan anda. Jangan gegabah untuk mengeluarkan uang secepat kilat demi sesuatu yang anda sukai hanya dengan melihatnya saja. Anda harus tahu mana keinginan dan mana kebutuhan. Terlebih pada awal masa kerja, biasanya seseorang mengeluarkan uang sedikit lebih ekstra. Karena gaji pertama, mungkin anda diharuskan mentraktir teman-teman anda. Atau mungkin hal yang ingin anda miliki sejak lama, baru bisa kesampaian sekarang. Itupun kalau penghasilan anda pada akhirnya masih mencukupi. Kalau tidak ? inilah yang akan membuat anda keteteran dan akhirnya stress.apa?
Nah, agar anda bijak dalam mengelola penghasilan anda, berikut tips yang bisa anda pelajari.

1.       Data Keuangan
Buatlah data keuangan setiap bulannya. Seberapa besar penghasilan anda, dan seberapa besar yang harus anda keluarkan. Data tersebut bisa membantu anda melihat plus minus keuangan anda lebih awal.

2.       Kenali kebutuhan anda
Anda harus membatasi kebutuhan anda dengan mengetahui mana kebutuhan Primer dan mana kebutuhan Sekunder juga tersier. Hal-hal yang sifatnya wajib untuk anda penuhi, seperti makanan, pakaian dan tempat tinggal, adalah termasuk kebutuhan primer. Maka itulah yang harus anda utamakan. Kebutuhan lain yang sifatnya mewah, seringkali membuat anda terjebak pada keinginan untuk memilikinya, Dan inilah salah satu penyebab dari krisis keuangan anda.

3.       Hati-hati dengan kredit
Alih-alih menghemat pengeluaran dengan cara menyicil, tapi cicilan pun kerap kali menunggak dan akhirnya anda harus membayar bunga lebih tinggi. Lihat dulu apa yang anda inginkan. Pikirkan matang-matang kegunaan dari produk tersebut. Pastikan barang itu memiliki nilai produktivitas atau memberikan nilai pemasukan bagi anda. Misalnya, mobil yang anda miliki adalah sebagai alat transportasi bisnis anda bukan hanya sekedar pamer, maka itu cukup baik untuk anda.

4.       Tabunglah walaupun sedikit
Seperti pepatah mengatakan “Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”. Berapapun uang yang anda miliki, usahakanlah untuk selalu menyisihkannya. Karena anda tidak akan tahu jika sesuatu tiba-tiba terjadi dan anda tidak punya simpanan sama sekali. Mau bagaimana ? mengajukan pinjaman ? Ingat dulu bunganya.

 5.       Investasi
Jangan hanya menyimpan uang anda di Bank apalagi di dompet. Uang berapapun, pada akhirnya akan habis juga. Tidak ada salahnya jika anda menginvestasikan uang anda pada bisnis yang cukup menjanjikan. Dan anda pun harus pintar memilih investasi apa yang cocok dengan anda.

6.       Side Job
Carilah pekerjaan sampingan yang menurut anda menarik, benefit, dan bisa anda jalani diluar jam kerja anda sehari-hari. Side job ini bisa membantu menambah pemasukan bagi anda nantinya.
Jadi, anda harus pintar memilih agar tidak lebih besar pasak daripada tilang

0 komentar:

Posting Komentar