Rabu, 09 April 2014

Bijak Dalam Memilih Teman

Foto by triblocal.com

Gemintang.com - Ketika seorang teman memintamu untuk menemaninya, tentulah kamu mau, karena dia adalah temanmu. Teman merupakan seseorang yang selalu ada untuk kamu. Suka maupun duka, teman selalu ada disamping kamu. Itulah yang disebut teman sejati. Namun bagaimana jika keadaannya adalah, temanmu ada saat suka, tapi tidak ada saat duka. Atau ketika kamu harus selalu ada untuknya, tapi dia tidak ada saat kamu yang membutuhkannya.

Teman tidak selamanya ada untuk kamu, dan kamu harus mengerti itu. Ada kalanya mereka mengesampingkanmu karena suatu hal yang dia rasa lebih penting. Teman pun tidak selamanya berada di pihak kamu. Jika kamu memang benar, maka ia akan sepenuhnya memihak padamu. Tapi ketika kamu salah, ia akan dengan tegas  menentang sikapmu.
Bagaimana sebenarnya teman yang tepat untuk kamu, kamu lah yang harus bijak memilihnya.

Mengerti
Teman yang baik adalah ketika ia dapat mengerti keadaanmu dengan menerima segala kekurangan yang kamu miliki. Hindari sikap egois kamu jika kamu menginginkan teman sejati dalam hidupmu. Sebelum dia mengerti kamu, kamu lah yang harus memberikan pengertian padanya. Inilah yang sulit, karena kebanyakan orang ingin selalu dimengerti terlebih dahulu.

Adil
Teman yang baik adalah ketika dia adil terhadap waktu yang dia miliki. Dia tidak akan mengabaikanmu demi kepentingan pribadinya. Dia akan bersikap adil untuk membagi waktu antara kamu dan kepentingannya itu.

Ada
Teman yang baik adalah ketika dia selalu ada. Tentu, karena peran seorang teman yang utama adalah selalu ada untuk kamu dan senantiasa mendukung kamu. Ketika kamu harus selalu ada untuknya, tapi dia tidak ada saat kamu yang membutuhkannya, itu bukanlah teman yang baik bagi kamu. Dalam kata lain, ia hanya memanfaatkan kamu demi kepentingan pribadinya. Jika hal ini berkepanjangan, baiknya kamu hindari.

Setia
Teman yang baik tidak akan pernah menjatuhkanmu dengan memanfaatkan sesuatu hal yang ia tahu tentang dirimu. Ia akan tetap setia menjaga kerahasiaan tersebut demi kamu. Teman yang baik, tidak akan menjatuhkan kamu kepada sebuah kesalahan. Sebaliknya, ia akan dengan setia memperingatkanmu agar kamu terhindar dari kesalahan tersebut.

Tulus
Teman yang baik adalah dia yang memiliki ketulusan untuk selalu membantumu dan tidak mengharapkan sesuatu apapun dari kamu.

Jujur
Teman yang baik adalah dia yang selalu jujur dan bersikap apa adanya. Dia tidak akan berbohong mengenai keadaannya, karena dia pun yakin bahwa kamu akan menerima dia apa adanya.
Bagaimana sikap yang temanmu tunjukkan kepada kamu, bijaklah dalam memilihnya. Jangan sampai temanmu menjadi boomerang bagi kehidupan kamu kedepannya.

0 komentar:

Posting Komentar