Rabu, 09 April 2014

Kuliah Sambil Kerja, Bisa!

Foto by htir.com
Foto by htir.com

Gemintang.com – Memahami bahwa mencari uang itu sulit, maka tidak sedikit orang yang berupaya untuk bekerja walau status masih sebagai mahasiswa. Biaya kuliah yang tidak sedikit mengharuskan mereka untuk setidaknya menghasilkan uang demi membayar biaya pendidikan. Bagi mereka yang ekonominya sulit, kuliah sambil kerja tentu sudah menjadi satu keharusan. Bila tidak dijalani, aktifitas perkuliahan bisa saja terbengkalai. Namun keputusan untuk kuliah sambil kerja sebenarnya memang beresiko. Tapi bagaimana cara menyikapinya, berikut tipsnya;
  • Peluang atau kebutuhan?
Ada pekerjaan yang menjanjikan gaji besar. Namun sayang, terbentur jadwal kuliah, Anda pun akhirnya mundur dan mencari peluang pekerjaan lain. Namun keinginan untuk kembali bernegosiasi, akhirnya menjadi satu kekhawatiran. Ini adalah peluang yang belum tentu bisa didapatkan bahkan setelah lulus nanti. Maka sebaiknya, sebelum menentukan cobalah untuk kembali mempertimbangkan. Anda mencari peluang, atau mencari kebutuhan. Bila Anda merasa bahwa pekerjaan adalah peluang sedangkan kuliah adalah kebutuhan, coba jalani dengan mengaturnya sebaik mungkin, sehingga kuliah sambil kerja, Anda yakin pasti bisa.
  • Kesulitan mengatur waktu
Mahasiswa dengan jadwal kerja penuh (full time) cenderung memiliki waktu yang lebih sulit untuk bisa berkuliah. Stamina yang terkuras setelah bekerja seringkali mendatangkan rasa malas ketika dihadapkan dengan setumpuk tugas. Anda mungkin kesulitan membagi waktu antara kuliah atau menikmati pekerjaan yang bisa menghasilkan uang. Tapi dalam hal ini, pekerjaan yang tanpa keterikatan (freelance), setidaknya akan bisa meminimalkan resiko itu. Atau, gunakan hari libur untuk fokus kepada satu hal, misalnya pelajaran. Gunakan waktu luang sebaik mungkin, sehingga keduanya tak ada yang terbengkalai.
  • Rasa malas
Terjebak dalam kenikmatan menghasilkan uang, perlahan akan membuat Anda terlena. Anda menjadi tidak fokus dan akhirnya malas untuk mengikuti pelajaran kuliah. Tapi Anda tahu, keuntungan melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi adalah investasi jangka panjang untuk kelangsungan karir Anda di masa depan. Memang stres, dan inilah salah satu resikonya. Tapi dengan disiplin dan cermat membagi waktu, kuliah sambil kerja, yakin bisa!
  • Kesiapan mental
Kuliah sambil kerja, memang sangat menguras waktu, tenaga, dan pikiran. Begitupun adaptasi dalam dua lingkungan yang berbeda akan membuat Anda semakin lelah. Oleh karena itu, kesiapan mental harus benar-benar diutamakan. Berada dalam lingkungan yang tidak kita sukai, tentu akan menjadi beban tersendiri. Tapi bagaimana kita mampu untuk bertahan, kesiapan mentallah yang akan menentukan.
  • Senantiasa belajar
Keuntungan dari kuliah sambil kerja adalah Anda akan mendapatkan banyak pengalaman yang bisa dijadikan gambaran kedepannya. Bagaimana dunia kerja dan bagaimana cara bergaul, hal itu akan menjadi pengalaman yang sangat luar biasa. Minimal Anda menyadari, bahwa tak ada hidup yang bisa berjalan tanpa kita mau belajar. Mencari uang itu penting, tapi pendidikan tetap nomor satu. Ilmu bertahan hidup adalah mandiri, dan senantiasa mampu untuk berjalan diatas kaki sendiri.
 Semoga sukses…!

0 komentar:

Posting Komentar