Selasa, 15 April 2014

Mewujudkan Harapan Menjadi Kenyataan

Foto by meltodayi.wordpress.com

Gemintang.com – Setiap orang pasti mempunyai harapan, sebuah keinginan yang ingin terjadi di dalam 
dirinya di waktu yang akan datang. Harapan itu adalah perasaan ketika kita benar-benar menginginkan sesuatu terjadi. Harapan itu seperti membangun sebuah cita-cita atau keinginan yang kuat di waktu yang akan datang. Misalnya saja, Anda ingin menjadi seorang yang sukses di tempat kerja Anda, itu berarti Anda berharap menjadi yang terbaik di tempat kerja Anda tersebut. Namun untuk mencapai semua itu tentunya di perlukan sebuah usaha. 

Usaha bisa diterapkan dalam perilaku dan aktivitas kita masing-masing. Jika Anda ingin menjadi seorang yang sukses di tempat kerja, maka Anda harus bisa menjadi karyawan teladan yang disukai atasan, mampu menjalin komunikasi dan hubungan yang baik bagi para karyawan lainnya serta menjalankan tugas dengan sebaik mungkin. Ketika kita sudah berusaha, kita akan mendapatkan hasilnya. Hasil itulah yang disebut dengan kenyataan, dan kenyataan tersebut yang harus kita bandingkan dengan usaha yang kita jalankan.

Tapi jangan sedih dan berkecil hati terlebih dahulu jika memang kenyataan yang Anda dapat tidak sesuai dengan harapan Anda. Disinilah waktunya untuk Anda mengoreksi apa yang salah dan apa yang harus diperbaiki. Lihat kembali sejauh mana usaha Anda selama ini. Misalnya, kemarin Anda kurang bekerja dengan baik atau tidak mengerjakan tugas kantor dengan sempurna, jangan ragu untuk meningkatkan semua itu agar menjadi yang lebih baik. Jika memang harapan tidak menjadi kenyataan, masih ada cara lain yang bisa di lakukan untuk mewujudkannya. Lakukan proses evaluasi diri.

Tanyakan pada diri Anda sejauh mana usaha yang sudah Anda lakukan. Jangan pernah lelah mengoreksi diri dan bertanya serta meningkatkan usaha Anda untuk kembali membangun kenyataan itu. Terus introspeksi diri, carilah mana kekurangan Anda yang menyebabkan harapan itu enggan terwujud. Jangan menyalahkan orang atau siapapun seandainya harapan itu tidak terwujud. Tidak ada manfaat yang bisa kita ambil dalam mencari-cari kesalahan dan menyesalinya tanpa mau memperbaikinya. Akuilah jika Anda memang salah. Dan, jadilah pribadi yang fleksibel. Tidak terikat dan mampu menyesuaikan diri di setiap keadaan dan kondisi di sekitar Anda.

Terwujudnya suatu harapan tentu juga di barengi dengan dukungan orang-orang disekitar kita. Entah itu keluarga, sahabat, teman atau bahkan pacar. Harapan tanpa tindakan juga percuma. Jika ingin harapan itu terwujud maka mulailah action. Dan dari semuanya itu, tentulah doa harus selalu ada dan berjalan beriringan bersama usaha yang kita jalankan. Dengan keinginan yang kuat dan rasa disiplin yang tinggi tidak mustahil semua itu bisa terwujud.

0 komentar:

Posting Komentar