Jumat, 11 April 2014

Strategi Mendapatkan Ide Bisnis

Foto by nafinurrauf.wordpress.com

Gemintang.com – Anda berniat memulai bisnis, namun anda sendiri bingung, bisnis apa yang seharusnya anda jalankan. Memang tidak mudah bagi sebagian orang untuk menentukan bisnis apa yang sekiranya cocok untuk mereka.

Berikut adalah beberapa strategi agar anda mendapatkan ide bisnis anda.

1.       Tinjau kebutuhan masyarakat
Sebenarnya dengan melihat masyarakat di sekeliling anda, anda dapat mengetahui apa yang kira-kira mereka butuhkan sebagai konsumen. Mungkin mereka menginginkan ada toko berupa makanan ringan, rental komputer, atau bahkan bengkel motor. Dan bisnis yang belum berjalan adalah celah bagi usaha anda karena masih minimnya persaingan.

2.       Optimalkan Sumber Daya Manusia
Selain mengetahui kebutuhan masyarakatnya, anda pun patut mencari potensi dari SDM yang ada di lingkungan anda. Misalnya lingkungan anda adalah penghasil kerajinan kulit, maka anda dapat mengembangkan ide bagaimana cara mengoptimalkan kerajinan tersebut agar memperoleh keuntungan yang lebih besar dengan penjualan yang lebih luas.

3.       Temukan peluang dalam diri anda
Kenali potensi yang ada pada diri anda sebagai peluang memulai bisnis anda. Potensi bisa berasal dari keahlian ataupun hobi yang anda miliki. Bisnis yang dijalankan atas dasar keahlian ataupun hobi biasanya akan berjalan dengan sukses karena anda mengenal hal tersebut dengan baik dan menjalankannya dengan senang hati.

4.       Kenali strategi bisnis yang ada
Pasti sudah ada bisnis yang orang lain bangun sebelum anda. Tidak salah jika anda mencoba mengenalinya. Bukan berarti anda mencontohnya, tapi anda dapat mengembangkan ide agar bisnis yang anda bangun nanti menjadi lebih segar dari yang lain.

5.       Prediksi modal
Suatu bisnis tidak mungkin jika tanpa modal. Berapapun modal yang anda miliki saat ini, cobalah untuk memprediksinya. Kira-kira bisnis apa yang setara dengan modal yang anda miliki.
Bisnis yang akan anda jalankan, baik itu berupa barang produksi atau jasa nantinya, langkah yang harus anda lakukan berikutnya adalah konsisten dan fokus dalam menjalankannya. Anda dapat menggunakan media cetak ataupun media elektronik untuk memperkenalkan bisnis yang akan anda jalankan. Dan perbanyaklah relasi yang dapat mendukung bisnis anda kedepannya. Jangan pernah melakukan sesuatu dengan setengah-setengah, karena anda pun tidak ingin jika kesuksesan anda hanya setengah-setengah bukan ?

0 komentar:

Posting Komentar