Rabu, 09 April 2014

Ketika Temanmu adalah Musuh Terbesarmu

Foto by collegecandy.com

Gemintang.com – Teman adalah seseorang yang ada untuk mendampingimu baik dalam keadaan suka maupun duka. Membagi segala hal bersama, dan saling bertukar cerita. Alangkah indahnya memiliki teman seperti itu.
Namun apa yang terjadi ketika temanmu adalah musuh terbesarmu ?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan temanmu seolah-olah menjadi musuh bagimu. Salah satunya adalah ia selalu berusaha untuk menjatuhkanmu dan membuat dirimu menjadi terbelakang. Atau ketika temanmu lebih sukses darimu dan mendapatkan segala hal lebih dulu darimu. Akhirnya ia pun paling menonjol diantara teman-temanmu, dan hal ini menambah kekesalanmu hingga menjadikannya sebagai musuh terbesarmu.

Hindari sikap untuk menjauhinya. Agar seseorang tahu ada apa dibalik gunung, maka dakilah gunung itu, walaupun kamu tidak yakin untuk mendakinya. Kamu tidak mungkin mendekati musuhmu sendiri, tapi dengan mendekatinya, inilah keuntungan bagimu.
  1. Dekat dengan musuh, membuat kamu tahu bagaimana ia sebenarnya dan apa alasan ia melakukan hal tersebut padamu
  2. Dekat dengan musuh, membuat kamu tahu rahasia kesuksesan dia
  3. Dekat dengan musuh, membuat kamu tahu apa yang ia tidak suka darimu
Hal tersebut bisa membuat kamu lebih berhati-hati padanya dan bisa belajar untuk membenahi diri dari sikapmu yang kurang baik dimatanya. Dan jangan pernah berpikir bahwa dengan kamu mengetahui segalanya tentang musuhmu, lantas kamu bertindak serupa dengan apa yang ia lakukan.

Ketika seseorang membencimu, maka berikanlah ia kasih sayang yang tulus darimu dan perlakukanlah ia dengan segala kebaikanmu. Hal ini akan membuat musuhmu segan, kagum, dan menghormatimu.

Ketika seseorang membencimu, bukan berarti kamu pun harus membencinya. Ini tantangan bagimu untuk membuatnya kembali menjadi teman setiamu. Kadangkala sesuatu hal yang tidak pernah diungkapkan bisa menjadi kesalahpahaman dalam segala jenis hubungan, Mungkin kamu diantaranya.

Musuh yang sebenarnya bukanlah orang lain, tapi dirimu sendiri. Ketika kamu tidak dapat membenahi kekuranganmu sendiri, maka kamu akan membuat dirimu menjadi terbelakang dengan sendirinya.

Ingat pepatah mengatakan “Seribu teman masih kurang, satu musuh terlalu banyak”.

0 komentar:

Posting Komentar