Rabu, 22 Januari 2014

Hadapi Ketakutanmu

Foto by ivillage.ca

Gemintang.com – Rasa takut adalah ketika kamu merasa bahwa kamu tidak sanggup untuk menghadapinya. Ketakutan yang kamu alami, mungkin terjadi karena trauma masa lalu, atau hal tersebut memang tidak kamu sukai. Rasa takut pada dasarnya ada pada setiap diri manusia. Dan ketakutan pun bermacam-macam. Takut kehilangan, takut disakiti, takut dimusuhi. Ada pula ketakutan seperti takut gelap, takut ular, atau takut hantu barangkali?

Nah, mulai sekarang kamu harus bisa membuang rasa takut yang ada dalam diri kamu. Memang tidak mudah, tapi itu harus. Ketika kamu tidak sanggup untuk menghadapi hal itu, itu hanya perasaan semata. Ketakutan kamu muncul terlalu dini sebelum kamu berani mencoba dan menghadapinya. Tidak sedikit orang yang takut melakukan sesuatu hal yang baru, padahal bagaimana kita bisa tahu kalau kita sendiri tidak mencobanya.

Ketika ada seseorang yang merasa takut kehilangan sesuatu yang dimilikinya, kamu harus berpikir positif saat itu juga. Ingatlah bahwa apa yang kamu miliki, tidak akan selamanya milik kamu. Hal ini bermakna bahwa kamu harus mengikhlaskan sesuatu yang suatu saat akan hilang. Seperih apapun bentuk kehilangan itu, kamu lah yang harus mengontrol diri kamu agar semuanya tetap baik-baik saja. Yakinlah bahwa apa yang hilang, akan segera tergantikan dengan sesuatu yang lebih baik nantinya.

Ketika ada seseorang yang takut akan gelap, ingatlah saat matamu berkedip. Kamu tidak akan menyadari kegelapan disekitarmu karena mengedipkan mata hanya berlangsung kurang dari 1 detik. Tapi coba kamu kedipkan matamu dan biarkan tertutup lebih lama. Sama gelapnya bukan ? Tapi mungkin kegelapan yang kamu alami adalah saat dimana tidak ada cahaya dan tidak ada seorang pun  disekitarmu. Hal ini lah yang kebanyakan dialami sebagian orang. Dan yang harus kamu lakukan adalah  menghadapinya secara tenang. Ketika gelap, ingatlah sesuatu yang baik di masa lalu. Hindari mengingat hal-hal yang buruk, karena ini akan membuat ketakutanmu bertambah.

Banyak usia yang walaupun sudah beranjak dewasa, tetap takut akan gelap karena khayalannya sendiri. Berkhayal sesuatu yang buruk, misalnya bencana, binatang, bahkan mungkin hantu. Anak kecil yang selalu takut akan gelap, masih terbilang wajar karena dia menyerap beberapa hal dengan cepat. Seperti ketika ia melihat monster di TV,maka ia tidak bisa tidur pulas di malam harinya. Namun, ini benar-benar harus kamu hilangkan ketika kamu merasa bahwa kamu bukan anak kecil lagi.

Ketika ketakutanmu ada pada  seekor binatang, maka yang sekiranya berbahaya bagi kamu, itulah yang harus kamu hindari. Karena ketakutan terhadap sesuatu yang hidup, jelas berbeda. Namun, sebatas apa ketakutanmu, kamu lah yang harus mengendalikannya.

Ketakutan jenis apapun, tidak bisa kita hilangkan jika kita tidak mencoba dan mengenali ketakutan tersebut. Tunjukkanlah bahwa dirimu berani dengan cara melawan ketakutanmu. Apapun yang kamu lakukan, pasti akan terasa jauh lebih baik, ketika kamu menghadapinya dengan keberanianmu.

0 komentar:

Posting Komentar