Selasa, 21 Januari 2014

Keterbatasan yang salah

Henry Ford memberikan dunia ini sebuah mesin V8. Dia tidak punya pendidikan formal. Bahkan, dia tidak pergi ke sekolah sampai usianya 14 tahun. Dia cukup cerdas untuk mengetahui harus ada mesin V8 tapi ia bodoh dan tidak tahu bagaimana untuk menciptakannya.
Jadi dia meminta orang-orang berpendidikan untuk membantunya menciptakan mesin itu. Tapi mereka mengatakan kepadanya apa yang bisa dilakukan dan apa yang tidak bisa. Menurut mereka, V8 adalah kemustahilan. Tapi Henry Ford bersikeras untuk memiliki V8 nya. Beberapa bulan kemudian ia mengatakan rencananya kepada orang lain dan mereka menjawab, “Kami tahu apa yang bisa dilakukan dan kita juga tahu apa yang tidak dapat dilakukan dan V8 suatu kemustahilan.”
Hal ini berlangsung selama berbulan-bulan dan masih Henry Ford berkata, “Aku ingin V8 saya.” Dan tidak lama kemudian orang yang sama berhasil membangun mesin V8 nya. Bagaimana bisa? Mereka membiarkan imajinasi mereka berjalan melampaui batasan akademis.
Pendidikan mengajarkan kita apa yang dapat dilakukan dan kadang-kadang juga mengajar kita keterbatasan. Keterbatasan palsu mengajarkan kita apa yang bisa kita lakukan dan juga mengajarkan kita apa yang tidak dapat kita lakukan.
(Gemintang)

0 komentar:

Posting Komentar