Kamis, 23 Januari 2014

Jika Suatu Hari

Foto by beyondhumptydumpty.com

Gemintang.com – Pernahkah anda berpikir tentang apa yang akan anda lakukan esok hari? bersama siapa, melakukan apa, dan dimana? Hari-hari terlewati begitu cepatnya seperti lembaran yang terbuka satu persatu. Anda bisa saja menulis sesuatu didalamnya, bisa juga kemudian menghapusnya. Dan itulah hidup. Hari demi hari, bulan demi bulan, dan tahun demi tahun. Mungkin dulu anda seperti itu, dan sekarang seperti ini. Jatuh bangun menapaki perihnya hidup yang belum tentu orang lain sanggup menjalaninya. Itulah anda, seseorang yang hebat, dan mampu bertahan hingga saat ini.

Kadang anda terjatuh, mencoba bangkit namun gagal lagi. Gagal, gagal, dan gagal. Sebaliknya, ada seseorang yang sukses, hidup dalam kemewahan, tapi tidak pernah kekayaannya itu habis. Seseorang berkata, bahwa yang kaya itu, dialah yang beruntung. Dan yang miskin, itu adalah kesialan baginya. Tapi fakta sebenarnya, orang beruntung adalah mereka yang selalu bahagia dalam hidupnya. Sedangkan yang sial, adalah mereka yang tidak mampu menggapai kebahagiaannya itu. Dan orang kaya ataupun miskin, tidak ada yang tahu, siapa yang memiliki kebahagiaan lebih dalam hidupnya.

Jika suatu hari .. kulit anda mulai mengkerut dan mata menjadi sayu, orang miskin hanya akan melihat ke cermin dan berkata “Oh, aku sudah mulai tua”. Sedangkan orang kaya, “Wah, ini tidak boleh dibiarkan, apa saya perlu melakukan operasi plastik dalam waktu dekat ini?” Oh, sungguh berbeda.
Ada orang kaya, tentu ada orang miskin. Ada orang baik, tentu ada orang jahat. Ada kebencian, tentu ada kesenangan. Dan ada kesusahan, tentu ada kemudahan. Semuanya adalah tantangan bagi anda. Dan anda, harus melewatinya dengan kesabaran, kejujuran, dan kearifan. Bukan dengan keegoisan, kebohongan, dan kelicikan. Pepatah mengatakan, apa yang anda tanam, itulah yang akan anda tuai.

Jika suatu hari .. apa yang anda miliki, seketika lenyap, apa yang akan anda perbuat? Penyesalan tentu tidak akan mengembalikan semuanya.

Jika suatu hari .. tulang anda mulai lemah dan sulit melangkah, adakah seseorang yang bisa membantu anda berjalan?

Jika suatu hari .. rambut anda memutih dan tidak lagi mengingat orang-orang disekeliling anda, apa mereka akan tetap mengingat anda?

Jika suatu hari .. anda dikucilkan karena penyakit menular yang anda derita, adakah seseorang yang setia menemani anda dan berada disisi anda?

Jika suatu hari .. anda pergi tanpa sempat memaafkan kesalahan orang lain, apa dia akan memaafkan kesalahan anda?

Jika suatu hari .. anda pergi tanpa sempat mengatakan bahwa anda mencintainya dan membutuhkannya untuk selalu berada disisi anda, apa anda akan membiarkan dia untuk tidak pernah mengetahuinya ?

Jika suatu hari .. anda pergi tanpa sempat memberikan kebahagiaan untuk orang yang anda cintai, akankah mereka tersenyum dengan kepergian anda?

Sebelum semuanya terjadi, silakan membenahi diri dan lakukan hal-hal positif yang bisa anda lakukan. Baik untuk diri sendiri, maupun orang lain. Sebelum penyesalan menjadi kata-kata terakhir. Sebelum anda ditinggalkan dan meninggalkan orang-orang yang anda cintai.

0 komentar:

Posting Komentar