Senin, 20 Januari 2014

Permasalahan Komunikasi Antar Pasangan




Gemintang.com – Dalam sebuah hubungan, komunikasi adalah salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kualitas dari hubungan tersebut. Akan tetapi dalam kenyataannya tidak semua pasangan mudah untuk melakukan komunikasi atau dapat berkomunikasi dengan lancar. Lalu masalah apa saja yang sering dialami tiap pasangan? Berikut diantaranya. 

1. Merasa selalu benar
Tiap orang memang memiliki pendapatnya masing-masing. Tapi kita tidak bisa selalu mempertahankan pendapat atau argumen yang kita miliki terutama dengan pasangan kita. Sebaiknya kita harus mau mendengar pendapat pasangan agar terhindar dari pertengkaran. Perlu diingat dalam berkomunikasi, yang  terpenting adalah bukan membuktikan kalau pendapat kita paling benar tapi bagaimana kita bisa memberikan dan menerima pendapat yang ada. Oleh karena itu, kamu dan pasangan bisa dapat berkomunikasi tanpa ada yang merasa paling benar.

2. Diam seribu bahasa
Bagaimana bisa berkomunikasi kalau kamu hanya diam seribu bahasa? Hal ini juga sering jadi masalah dalam berkomunikasi. Kita berpikir pasangan kita pasti tahu apa yang sedang kita rasakan atau pikirkan tanpa perlu dikatakan. Perlu diingat, pacar kita bukanlah peramal atau pembaca pikiran yang bisa dengan mudahnya tahu apa yang kita pikirkan juga rasakan. Lebih baik utarakan alasannya agar kamu dan si dia bisa saling berkomunikasi tanpa perlu menerka apa yang sedang dialami pasangan.

3. Salah paham
Si dia nggak biasanya balas sms kamu dengan lama. Si dia juga tidak biasanya telepon dengan gaya bahasa yang beda dari biasanya. Dengan perilaku dan perkataan yang seperti itu, kamu langsung berkesimpulan kalau dia sedang malas untuk ngobrol. Usahakan untuk tidak mengambil kesimpulan secepat itu. Lebih baik tanyakan langsung dan minta penjelasan kenapa dia berprilaku seperti itu.

4. Menghindar
Menghindar memang salah satu cara yang baik untuk meredam emosi kalau kamu sedang berselisih dengan si dia. Tapi bagaimana masalah akan selesai kalau kamu tidak mengkomunikasikan apa yang salah sampai kalian bisa bertengkar. Bicarakan dengan pasangan dan cari solusinya bersama.

0 komentar:

Posting Komentar