Selasa, 21 Januari 2014

Ilmu pengetahuan adalah kodifikasi dari pengalaman

Ilmu pengetahuan adalah kodifikasi dari pengalaman-pengalaman yang turun temurun dari satu generasi ke genarasi berikutnya selama berabad-abad. Kearifan yang terbentuk disana kadang sangat menakjubkan dan bersensasi aneh.
Sebagai contoh: kedutan di anggota tubuh tertentu, yang bermakna tertentu bagi sebagian orang Jawa. Mungkin ini dianggap tidak ilmiah oleh sebagian orang, sehingga tak mau menerima hal ini. Itu hak mereka…. Burung-burung yang terbang rendah dan berputar-putar menandakan akan turun hujan lebat, atau turunnya hewan-hewan ke kaki gunung menjelang meletusnya gunung, dahulu tidak dianggap sesuatu yang ilmiah, tetapi itu sesuatu yang nyata, dan akhirnya ada penjelasan ilmiahnya setelah melalui serangkaian penelitian orang Barat.
Dan orang-orang. terutama sekali orang Indonesia, mau mengakui kebenaran pertanda itu saat ada penjelasan ilmiah dari mereka. Lalu kembali lagi, bagaimana dengan kedutan itu? Saya lebih memilih kearifan tradisional ini daripada menunggu pembuktian ilmiah dari orang Barat…. Karena mungkin disuatu saat hal ini diteliti dan ditemukan bukti keilmiahannya.
(Gemintang)

0 komentar:

Posting Komentar