Jumat, 17 Januari 2014

Kencan Finansial




Gemintang.com – Ketika kencan rasanya haram sekali jika membicarakan masalah ini. Suasana yang tadinya terasa happy bisa berubah canggung jika sudah bicara masalah finansial bersama kekasih. Tapi tentu saja hal ini harus dilakukan jika Anda dan pasangan mempunyai rencana untuk membina rumah tangga di waktu yang akan datang. Untuk itu, luangkanlah waktu khusus bersama dia untuk membicarakan masalah ini. Jangan lupa untuk mencari tempat yang membuat Anda dan pasangan merasa nyaman serta aman berada di dalamnya.

1. Kumpulkan semua bon dan tagihan terakhir
Jika dia mengeluh tentang banyaknya pengeluaran yang Anda keluarkan dalam sebulan, jelaskan dengan jujur kemana saja uang itu mengalir. Tak usah sungkan menceritakannya jika semua itu untuk kepentingan bersama.

2. Sepakati batas pengeluaran
Berikan batas pengeluaran maksimum oleh masing-masing pihak dalam satu bulan. Jika ada pengeluaran yang tak terduga melebihi perkiraan, konsultasikan bersama pasangan Anda. Membatasi pengeluaran bukan berarti berhemat habis-habisan, hanya saja Anda dan pasangan harus mampu mengatur kondisi keuangan dan berlaku bijak terhadap segala pengeluaran. Ingat, ketika Anda dan kekasih sudah memulai suatu biduk rumah tangga, otomatis ada saja pengeluaran yang akan terjadi.

3. Financial wish list
Tulis hal-hal yang ingin dicapai selama Anda dan pasangan bersama. Buatlah daftar seperti misalnya, biaya menikah tiga tahun mendatang, membeli mobil, liburan keluar negeri berdua atau membangun sebuah usaha. Mulailah membuat daftar keuangan secara hati-hati. Dan langkah awal dari semua itu adalah MENABUNG!

0 komentar:

Posting Komentar